Jumat, Mei 20

Analisis Website Kota Palopo


Website adalah salah satu alat atau media yang digunakan dalam menyampaikan atau mempubliksikan potensi – potensi yang ada didaerah masing – masing agar masyarakat yang di luar bisa mengetahui potensi – potensi tersebut. Selain itu website juga dapat digunakan sebagai sarana dalam melayani permintaan dari masyarakat akan bentuk dari pelayanan dan perizinan agar supaya masyarakat tidak lagi direpotkan akan macam – macam atau bentuk – bentuk perizinan yang berbelit – belit. Ini sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam menerapkan sistem e-Government.

Fungsi dari website tersebut tidak hanya seperti yang dijelaskan diatas tetapi masih banyak lagi fungsi atau kegunaan dari website salah satunya adalah sebagai wadah informasi, profil bahkan ada sejarah kota dimasukkan juga agar supaya masyarakat yang ada di luar daerah bisa mengetahui seberapa berkembangnya pada saat ini. Salah satu yang menurut saya termasuk website yang menarik adalah wesite dari kota palopo (www.palopokota.go.id) dan juga website dari kota palopo ini pernah menduduki juara ke 5 pada piala Anugrah Media Humas yang diselenggarakan oleh Bakohumas Depkominfo RI pada tahun 2009


Pada saat kita pertama kali membuka website kota palopo yang terpampang adalah latar atau background dari keindahan kota palopo pada saat malam hari. Selanjutnya ada foto dari walikota dan wakil walikota beserta gambarnya dan profilnya. Kemudian dibawahnya ada link – link untuk menjelajahi website kota palopo secara mendalam seperti Halaman Depan, Bukutamu, Kontak Admin, Sekilas Info, Agenda Kegiatan, Berita Nasional, Telepon Penting, Penghargaan , A r t i k e l, Regulasi / Perda, Ringkasan APBD.

Dan juga dihalaman depan adalink – link dari kementrian pusat yang menjadi acuan jika ada peraturan dari pemerintah pusat. Pada bagian atas dari website tersebut kita bisa melihat mengenai apa saja yang ada dikota palopo mulai dari sejarah terbentuknya sampai kondisi geografis bahkan ada juga penjelasan tentang struktur tanah yang ada dikota palopo.
Selanjutnya penjelasn tentang struktur pemerintahan yang ada dikota palopo mulai dari atas seperti walikota dan wakilnya, kemudian skpd yang ada, badan – badan pemerintah bahkan sampai pada kecamatan semua ada penjelasannya. Bahkan didalamnya ada nama – nama dari pejabat yang terkait dengan itu agar supaya masyarkat bisa mengenal siapa yang meminpin dinas atau badan ini sehingga jika terjadi penyimpangan masyarakat bisa bertemu langsung dengan beliau termasuk bapak walikota.

Berikutnya ada penjelasan tentang tempat – tempat apa saja yang ada di kota palopo mulai dari hotel, bank, Perguruan Tinggi sampai jalur kendaraan umum juga ada ini dimaksudkan agar supaya orang yang baruberkunjung pertama kali ke kota palopo bisa mengetahui apa – apa saja yang ada disitu sehingga tidak lagi pusing mencari tempat - tempat yang dicari.
Selanjutnya penjelasan mengenai potensi yang ada dikota palopo agar supaya para investor bisa mengetahui apa saja potensi yang terletak dikota palopo dan menjadikan agar para investor tersebut tertarik untuk menanamkan saham dikota palopo ini dan ini bisa membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat sekitar mulai dari investor pertanian, perkebunan, pariwisata sampai potensi pertambangan yang ada.

Selanjutnya mengenai data – data yang ada dikota palopo semuanya lengkap mulai dari data kependudukan, pertumbuhan ekonomi, rencana pembangunan jangka menengah dan masih banyak lagi data – data yang dimasukkan kedalam website tersebut, sehingga masyarakat yang ingin mengetahuinya bisa langsung membuka website dari pemerintah kota palopo tersebut.
Segalahal sudah dilakukan pemerintah kota palopo termasuk upaya transparansi agar supaya tidak terjadi lagi tindakan – tidakan penyelewengan kekuasaan yang dilakukan oleh aparat pemerintah. Salah satu upanya yaitu pengumuman proyek – proyek yang dilakukan pemerintah kedalam media online agar masyarakat mengetahui dan turut berpartisipasi dalam proyek tersebut dan bahkan daftar pemenang yang berhasil memenagkan proyek tersebut juga diumumkan melalui website pemerintah. Dan yang lain lagi pemerintah juga memasukkan ringkasan APBD kota palopo kedalam website tersebut sehingga bisa diketahui kemana saja aliran dana yang diperoleh pemrintah dari masyarakat berupa pajak. Dan juga yang terpenting adalah pengumuman CPNS juga diumumkan langsung pemerintah melalui website resminya tersebut. Itu mungkn hal – hal yang dilakukan oleh pemerintah dalam menerapkan transparansi di wilayahnya yang merupakan pilar dari good governance.

Yang terakhir yang saya jelaskan adalah adanya alamat yang jelas dari pemrintah kota palopo dan juga adanya polling di halaman depan website tersebut. Ini dimaksudkan untuk mengukur bagaimana indeks kepuasan masyarakat kota palopo dalam pemerintahan yang sedang berjalan sekarang ini.
>

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengetahuan. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com