Jumat, Desember 30

Definisi Kinerja


Pengelolaan suatu organisasi di daerah-daerah merupakan hal yang sangat penting dalam menjamin kelancaran kerja, terutama aparat-aparat pemerintah yang berfungsi sebagai pelayan publik dan berhubungan langsung dengan publik. Merekalah yang dituntut untuk dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku sampai mencapai persyaratan atau tujuan pekerjaan yang diharapkan oleh organisasinya. Pencapaian persyaratan atau tujuan pekerjaan inilah yang biasa dikenal dengan istilah “kinerja” (Simamora, 1995).

Di Indonesia istilah Kinerja telah populer digunakan mass-media dengan memberi padanan kata dalam bahasa Inggris untuk istilah kinerja yakni “performance”. Menurut The scribner-Bantam English Dictionary, terbitan Amerika Serikat dan Canada, tahun 1979 (dalam Prawirosentono, 1999), yang menerangkan sebagai berikut: Pertama, berasal dari kata “to perform” yang mempunyai makna sebagai berikut : melakukan, menjalankan, melaksanakan, memenuhi atau menjalankan kewajiban sesuatu nazar, melaksanakan atau menyempurnakan tanggung jawab, melakukan sesuatu yang diharapkan oleh seseorang atau mesin.

Beberapa makna dari kata “to perform” dapat disimpulkan yaitu melakukan suatu kegiatan dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawab dan sesuai dengan hasil seperti yang diharapkan, sedangkan arti kata performance merupakan kata benda (noun) dimana salah satunya adalah: “thing done” (suatu hasil yang telah dikerjakan). Berdasarkan hal tersebut diatas, maka arti performance atau kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi, sesuai dengan tanggung jawab masing-masing, dalam rangka upaya mencapai tujuan organisasi bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral maupun etika” (Prawirosentono, 1999).

Kinerja merupakan seperangkat hasil yang dicapai serta merujuk pada tindakan pencapaian serta pelaksanaan suatu pekerjaan yang diminta (Stolovic & Keeps, dalam Ma’rifah, 2004). Senada dengan pendapat tersebut, Rue, & Byars, dalam Zainuddin, 2004) mengemukakan bahwa kinerja merupakan pencapaian hasil (the degree of accomplishment). Selanjutnya pengertian kinerja dari Cascio; Bailey (dalam Zainuddin, 2004) adalah sebagai catatan hasil yang diproduksi pada suatu fungsi pekerjaan yang spesifik atau aktivitas selama periode waktu tertentu yang berhubungan dengan tujuan organisasi dan memenuhi standar yang ada.

Istilah kinerja (performance) dapat disimpulkan sebagai suatu hasil yang telah dikerjakan dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang dilaksanakan secara legal, tidak melanggar hukum serta sesuai dengan moral dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
>

1 komentar:

Blogger on 10 Maret 2020 pukul 11.03 mengatakan...

Did you know there is a 12 word sentence you can tell your partner... that will induce deep feelings of love and instinctual attraction for you deep within his heart?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, adore and care for you with his entire heart...

=====> 12 Words Who Trigger A Man's Desire Instinct

This instinct is so built-in to a man's genetics that it will make him try harder than ever before to make your relationship the best part of both of your lives.

As a matter of fact, triggering this influential instinct is so important to having the best ever relationship with your man that as soon as you send your man one of these "Secret Signals"...

...You will soon notice him open his mind and heart to you in such a way he's never experienced before and he will distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly tempted him.

Posting Komentar

 

Pengetahuan. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com